Salah satu bentuk kerjasama antara PT. Smart Telecom dengan PT 
Mobile-8 Telecom Tbk adalah dengan hadirnya layanan Smartfren. Untuk 
terus menambah jangkauan dan perbaikan layanan, pekerjaan infrastruktur 
terus dilakukan.
Sebagaimana dikutip dari Inilah.com, sebagai berikut :
INILAH.COM, Jakarta – PT Mobile-8 Tbk (sekarang PT SmartFren Telecom 
Tbk) (FREN) akan menambah base tranceiver station (BTS) menjadi dua kali
 lipat dan menambah jaringan ke luar pulau Jawa pada 2011.
Direktur PT SmartFren Telecom Tbk Merza Fachys mengatakan, sinergi PT
 Smart dan PT Mobile-8 Tbk dilakukan pada 2010 lalu. Perseroan akan 
menambah dan memperluas jangkauan yang telah direncanakan sejak tahun 
lalu. Perseroan memiliki 1.500 bts pada akhir tahun lalu. Merza 
mengharapkan, penambahan BTS dua kali lipat pada 2011. Tapi ia masih 
enggan menyebutkan besaran belanja modal yang dianggarkan pada 2011.
Perseroan akan memperluas jaringan ke Aceh, Sumatera Barat, Riau, 
Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. 
Perluasan jaringan baru dilakukan sekarang karena kondisi keuangan tidak
 memungkinkan pada 2010. Dengan jaringan luas diharapkan jumlah 
pelanggan bertambah. Jumlah pelanggan PT Mobile-8 Tbk setelah sinergi 
dengan PT Smart sebesar 6,2 juta pada 2010. “Jaringan luas, area 
pemasaran luas maka jumlah pelanggan lebih banyak selain itu, kita juga 
akan meluncurkan produk-produk baru,” kata Merza.
Terkait utang obligasi sebesar Rp606 miliar yang akan dibuyback 
dengan debt to equity, Sekretaris Perusahaan PT SmartFren Tbk Chris 
Taufik menuturkan, pihak yang menyetujui debto to equity senilai Rp5 
miliar dari utang obligasi sebesar Rp606 miliar. Saat ini buyback Rp606 
miliar tersebut masih proses nego. Proses buyback itu berlangsung 2 
Maret-2 Mei. “Kita harapkan tahun ini direalisasikan debt to equity 
tersebut,” tutur Chris.
Sedangkan utang obligasi dolar sebesar US$100 juta, Chris mengatakan, pelunasan utang tersebut ada yang diperpanjang.
Selain itu, perseroan juga meyakini kinerja keuangan mengalami tren 
membaik pada 2011. Hal ini didukung dari produk baru, area pemasaran 
lebih luas, dan perluasan jaringan.
Standard terbaru yang dikembangkan Smartfren yang cukup inovatif 
adalah BTS Canopy Outdoor. Berikut adalah beberapa foto dokumentasi 
standard tersebut :


